FA Akan Mulai Berikan Kartu Kuning & Kartu Merah Kepada Manajer di EFL

Asosiasi Sepak Bola Inggris, Football Association (FA) akan mulai menjatuhkan sanksi kartu kuning dan kartu merah kepada manajer selama pertandingan EFL 2018/ 2019. Kedepannya, peraturan ini juga akan diterapkan di kompetisi lainnya di bawah naungan FA, termasuk Piala FA.

Peraturan baru ini diumumkan oleh chief executive EFL, Shaun Harvey dalam acara launching kampanye EFL 2018/19. Harvey menyatakan bahwa peraturan yang diformulasi oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional ini tidak diterapkan dengan tujuan untuk menciptakan drama, melainkan untuk meningkatkan perilaku dan disiplin di luar garis permainan. (Daftar Akun sekarang untuk dapat update berita dan event olahraga terbaru)

“Apa yang mungkin akan Anda saksikan di EFL musim kali ini adalah apabila wasit melihat perilaku yang mengganggu jalannya pertandingan terjadi di bangku cadangan, yang biasanya dipimpin oleh manajar, maka wasit memiliki hak untuk memberikan kartu kuning kepada manajer tersebu,” ungkap Harvey dalam konferensi pers.

“Tentunya apabila perilaku manajer tersebut tidak berubah, maka kartu kuning kedua akan dijatuhkan dan manajer yang bersangkutan akan menerima panggilan disiplin. Meskipun saat ini pun manajer bisa menerima saksi panggilan disiplin, akan tetapi hal ini diterapkan bukan untuk menciptakan drama, melainkan untuk memberi kejelasan, sehingga semua yang berada di stadion bisa melihat kartu merah yang dikeluarkan (kepada manajer) dalam hal tersebut,” pungkasnya.

Dalam peraturan baru ini, wasit memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi kartu kuning kepada manajer yang dianggap melakukan pelanggaran, dengan saksi kartu merah untuk pelanggaran kedua. Selain itu, sanksi kartu merah pun bisa dijatuhkans ecara langsung untuk jenis pelanggaran yang dianggap serius, terhadap ofisial pertandingan, pelatih lawan serta pemain. (Dapatkan Tips Taruhan Gratis paling akurat hanya di 12BET)

Sementara itu, jenis perilaku yang bisa menuai sanksi dalam peraturan ini diantaranya:

  • Silang pendapat
  • Penggunaan Bahasa yang kasar dan diluar kepantasan
  • Menendang botol air atau peralatan lainnya
  • Memasuki area teknis tim lawan
  • Konflik dengan supporter dll.

Apabila manajer satu tim mengumpulkan total empat kartu kuning, maka manajer tersebut akan menerima larangan tampil di satu pertandingan. Delapan kartu kuning akan membuat manajer dilarang dalam dua pertandingan, dengan larangan tiga pertandingan untuk 12 kartu kuning dan surat panggilan untuk menghadap panel disiplin FA jika manajer tersebut mengumpulkan total 16 kartu kuning.

 

Disadur dari berbagai sumber oleh: 12BET

Sumber Foto: SkySports